Ayo Gabung Ngajidaring.id

اسّلاَمُ عليْكُمْ وَرَحْمَةُ الله وَبَرَكَاتُهُ

Assalamu alaikum, wr, wb.

Para Asatid yang di rahmati الله SWT, ijinkan kami (ngajidaring.id) memberikan pemaparan dan proposal kerjasama terkait layanan ngajidaring.id.

Sekilas tentang ngajidaring.id adalah situs atau aplikasi yang menyediakan pembelajaran daring, tentang tema apa saja yang bersifat formal maupun non-formal. Baik tema yang berkaitan dengan keagamaan atau umum.

Kami berharap, Antum mau menyimak paparan saya ini dan mempertimbangkannya untuk bergabung bersama kami (ngajidaring.id).

Latar Belakang

Berangkat dari kerisauan terhadap kondisi ummat, terutama masalah pendidikan yang ada di bumi kita Indonesia ini. Kami memberanikan diri memberikan solusi bagi kita semua, baik dari sisi murid/siswa dan juga para pengajarnya. Ada beberapa permasalahan yang mendasari kami tergerak untuk membuat layanan ngaji secara daring ini, diantaranya adalah :

  1. Sistem pengajaran di sekolah formal yang makin hari makin amburadul dan tidak terstruktur
  2. Guru di sekolah hanya memberikan tugas-tugas saja, tanpa mau memberikan materi-materi yang memadai kepada para siswa, sehingga siswa susah mengikuti pelajaran tersebut
  3. Gap atau jurang pemisah antara yang kaya dan yang miskin semakin terasa. Tidak terkecuali juga di kalangan ustadz-ustadz pengajar di sekolah swasta. Untuk membeli kuota belajar yang memadai saja susah, dikarenakan kebutuhan hidup yang meningkat pula, terlebih di tengah pandemi COVID-19
  4. Ada pembelajaran gratis melalui media sosial, baik facebook atau youtube. Tetapi keabsahan dari ustadz-ustadz yang menyampaikan materi kadang tidak jelas. Dari mana asal sanad keilmuannya dan pertanggungjawaban antara guru dan murid tidak jelas
  5. Kesejahteraan hidup para pengajar swasta, terutama agama menjadi terabaikan, bahkan mungkin terlantar
  6. Gap teknologi yang mungkin masih ada dikalangan para asatid senior, dan
  7. Beberapa permasalahan lain yang akan panjang apabila dipaparkan semuanya disini

Berangkat dari latar belakang permasalahan diatas, kami ingin membantu memfasilitasi hal-hal tersebut, supaya terjadi keseimbangan penghasilan antara ustadz-ustadz yang mengajar di sekolah negeri, dan sekolah-sekolah non-pemerintah. Juga untuk memberikan kepastian ilmu kepada para santri dan murid akan sanad keilmuannya yang muktabar dan shohih.

Sistem Pembelajaran

Sistem pembelajaran di ngajidaring.id, secara ringkasnya adalah sebagai berikut :

  1. Pembelajaran melalui situs web, yakni segala materi ada di situs ngajidaring.id
  2. Pembelajaran melalui video conference di https://meet.ngajidaring.id
  3. Pembelajaran melalui forum aplikasi https://forum.ngajidaring.id (mohon maaf, kami tidak menggunakan whatsapp, dengan alasan tertentu)
  4. Satu sesi pelajaran antara 45 sampai 60 menit
  5. Maksimal peserta dalam satu sesi pembelajaran adalah 100, kecuali untuk kelas tahfiz atau baca tulis Al Qur’an, hanya 20 peserta
  6. Sistem Ujian adalah per modul belajar, berupa quiz atau pertanyaan yang bisa langsung dijawab oleh peserta saat itu juga atau menurut tenggang waktu tertentu
  7. Ujian Akhir, hanya untuk santri yang mengambil program jangka panjang, atau program tahfiz berupa setoran akhir hapalan juz ke 30
  8. Siswa tidak diwajibkan mengerjakan pekerjaan rumah, kecuali hafalan surat atau ayat Al Qur’an

Kewajiban Pengajar

Sebagai pendidik di ngajidaring.id, para pengajar wajib mengikuti beberapa aturan yang kami terapkan, diantaranya adalah :

  1. Bersedia menyediakan materi pembelajaran berupa video, presentasi power point atau pdf dan diserahkan kepada admin@ngajidaring.id sebelum proses pembelajaran berlangsung, untuk diolah menjadi format yang terstruktur
  2. Mengumpulkan materi pembelajaran paling lambat 3 (tiga) hari sebelum disampaikan kepada siswa/santri
  3. Mengadakan pertemuan daring tepat waktu
  4. Wajib mendaftarkan diri di situs forum ngajidaring.id https://forum.ngajidaring.id
  5. Menjawab pertanyaan-pertanyaan santri dengan lugas dan jelas di forum.ngajidaring.id
  6. Beban mengajar setiap pekan minimal 10 jam (sekitar 13 kali pertemuan)
  7. Maksimum jam yang diijinkan setiap pekan adalah 40 jam (53 kali pertemuan)
  8. Hari Jum’at tidak ada aktivitas mengajar daring melalui video conference
  9. Tidak diwajibkan memberi tugas kepada santri, kecuali hafalan surat atau ayat Al-Qur’an

Sistem Pembagian hasil Pengajar

Ngajidaring.id menawarkan pembagian hasil dari biaya yang dibayarkan oleh santri atau siswa, baik itu sifatnya bulanan atau per modul kursus. 

Ketentuan pembagian hasil adalah sebagai berikut:

  1. Formula pembagian hasil adalah ngajidaring.id sebesar 10% dan Pengajar 90%
  2. Pengajar materi tunggal yang tidak bersambung atau multi materi, seperti pengajaran bahasa (Inggris, Arab, Urdu, dst) berhak mendapatkan utuh 90% dari biaya yang dibayarkan siswa.
    Misal : Materi Bahasa Inggris Pemula, Biaya Rp. 50 ribu, peserta 100, maka pengajar berhak mendapatkan = 50.000 x 100 x 0.9 = Rp. 4.500.000 (Empat juta lima ratus ribu rupiah)
  3. Sedangkan satu materi dengan banyak pengajar, dari 90% tersebut, dibagi jumlah pengajarnya.
    Misal: Materi Bahasa Arab, Biaya Rp. 50 Rb, peserta 100, pengajar 2 orang, maka setiap pengajar berhak mendapatkan Rp. 2.250.000 (dua juta dua ratus lima puluh ribu rupiah)
  4. Satu pengajar boleh mengajar beberapa materi sesuai dengan kapasitas dan kompetensinya masing-masing

Masa berlaku perjanjian

Para pengajar dan Ngajidaring.id merupakan dua belah pihak yang berkongsi dalam suatu muamalah. Maka wajib bagi keduanya untuk melakukan perjanjian hitam di atas putih. Dan masa berlaku perjanjian antara Pengajar dan ngajidaring.id adalah minimal 1 (satu) tahun, ditanda-tangani di atas kertas bermaterai Rp 10.000.

Tertarik untuk bergabung dengan kami?

Silakan kirimkan surel ke admin@ngajidaring.id dengan judul Join Bersama Ngajidaringid. Isi surat adalah :

Nama Lengkap : …………….

Alamat : ……….

No KTP : …….

No Telp : ……..(tidak harus handphone)

Nama panggilan : ……………..

Kompetensi/keahlian : (matematika/bahasa arab/hafiz dst)

Foto profil (lampiran wajib)

Penutup

Demikian proposal singkat dari ngajidaring.id, semoga Alloh SWT senantiasa meridhoi langkah-langkah kita untuk kebaikan. Amin YRA

Wassalam, 

Pengurus

Spread the love